cara membongkar masin sepeda motor supra x 125

Pengalamanku PribadiAku punya sepeda motor merk Supra X 125 CW keluaran tahun 2013 yang aku dapatkan setahun yang lalu tepatnya Januari 2013. Kenapa aku sebut ‘DAPATKAN’? Ya karena motor itu tidak aku beli dengan uangku sendiri tapi diberi oleh seseorang (bukan dibelikan oleh ortu ya?) Terus kenapa ‘DIBERI’? Ya suka-suka yang beri dong? Hak dia mau ngasih atau ga? Mau tau aja ente? :D. Ya pokoknya sepeda motor itu gratis aku dapatkan.
Balik ke topik.. Aku tahu yang namanya honda bebek akrab dengan bodi yang getar dan brisik kalau sudah lama pakai, tapi aku ga menyangka kalau untuk yang Supra X ini parah sekali. Belum ada setahun pakai (kira-kira 8 bulanan), eh casing batok bergetar hebat menimbulkan bunyi berisik bila motor kita geber (jalankan). Bunyi berisik ini semakin hari semakin menjadi dan mengganggu rasanya. Dasarnya aku tak faham tentang motor. Jangankan tentang mesin, membongkar bodi plastiknya saja aku tak mampu. Aku coba saja mengganjal karet (tanpa membongkar casing batok). Aku selipkan karet diantara sambungan headlamp dengan speedometer. Walau pun casing jadi renggang, tak apalah, yang penting tak getar dan berisik lagi. Dan aku bisa tenang, tapi itu tidak lama, sebulan kemudian getar dan berisik itu timbul kembali, bahkan makin berisik bunyinya. Wah makin kesal dan pusing saja rasanya. Ya sudah aku putuskan pergi ke bengkel saja untuk membongkar batok dan menambahkan double tape untuk menambah ganjalan karetnya.
Setelah tiba di bengkel dengan harapan masalah bisa teratasi, tak taunya sama saja. Setelah casing batok dibongkar dan menempelkan double tape di dalamnya, ternyata tak jua menghilangkan getar dan berisik tadi, malah getarnya menjalar kemana-mana. Setelah bongkar pasang batok dan mencari-cari sumber masalahnya, akhirnya tukang bengkelnya nyerah melambaikan tangan :D, ribet katanya. Oalah…
Ya sudah aku bawa saja motorku ke bengkel resmi Honda AHASS. Akhirnya aku putuskan untuk membeli casing batok yang baru plus visor-nya, abis-abis dah tu duit, yang penting motor tak berisik lagi. Dibeli dan dipasanglah tuh semua aksesoris. Hasilnya? Ya memang tak getar lagi tapi tetap tak memuaskan, kalau di gas kencang getarnya masih ada dan makin berisik. Kok…??? Aku cermati ternyata casing batok yang aku beli kualitasnya tak sebagus yang originalnya. Pusing kepalaku, habis duit, hasilnya pun percuma? Ya sudahlah, bante-lah ke situ, berisik-berisik lah, aku udah mulai malas merawat sepeda motor kesayanganku itu. Hari demi hari aku jalani motor tersebut dengan full getar dan berisik.
Sebulan aku pakai tu casing dan visor, lama-lama ga betah juga (ga nyaman berisiknya), aku coba untuk pasang batok yang lama kembali. Aku bawa kembali motorku ke bengkel dan meminta tolong untuk memasang kembali casing batok yang lama (original). Karena ga puas dengan kerjaan para mekanik bengkel tersebut, akhirnya aku nekat bongkar sendiri tu batok. Berbagai eksperimen demi eksperimen ku lakukan, setelah melewati perjalanan yang melelahkan dan menjemukan, maka hasilnya: Paten! Getar hilang, berisik pun lenyap. Wah girangnya tiada terkira, motorku pulih kembali! (lebay.com) 😀 Lepas dari lebay atau tidak, memang itulah yang aku rasakan. Ya aku senang motor kesayanganku tak getar dan berisik lagi. Memang kalau masalah bongkar membongkar kayak gini, bagusnya kita sendiri aja yang melakukannya. Para mekanik bengkel itu jagonya cuma di mesin tapi masalah yang diluar itu mereka rata-rata kurang fokus dan teliti.
KesimpulanArtikel yang membahas tentang bodi/batok Supra yang bergetar serta solusinya adalah double tape sangat banyak sekali. Yang aku rasakan semua itu tak menyelesaikan masalah. Getar pada batok bukannya hilang malah makin nambah, akhirnya apa? Ya terpaksalah nekat ganjal lagi sana-sini, kalau perlu pake lem kaca, ga tau hasilnya lebih bagus atau sebaliknya makin hancur tu batok?
Buat sobat pembaca sekalian yang mempunyai masalah yang sama seperti ceritaku diatas, coba simak tips berikut ini:
Bila casing batok motor Supra anda sudah mulai bergetar dan berisik. Jangan buru-buru diganjal karet atau apalah untuk mengatasinya. Coba setelah anda membongkar casing batok tersebut dan sesudah menaruh double tape di dalamnya, jangan langsung dipasang. Coba diamkan kira-kira 11 jam lamanya, supaya tidak mengganggu aktifitas, lebih afdhalnya abis Maghrib aja bongkar tu motor, esoknya abis Shubuh baru di pasang kembali. InsyaAllah Supra X anda tidak getar dan berisik lagi.
Kok bisa begitu? Aaku ga bisa menjelaskan secara teoritis. Mungkin karena sifat plastik yang mudah berubah. Kalau anda nekad tetap memaksakan untuk memasang langsung batok tersebut setelah dibongkar, maka silakan saja lihat hasilnya? Supra anda akan lebih berisik dan lebih bergetar dari keadaan semula, sekalipun anda menambah double tape ampe setebal-tebalnya, ga akan banyak menolong. Disarankan untuk tidak menaruh lem ya? Bisa memperparah keadaan nantinya?