PESAWAT JATUH: Kronologi Celakanya Hercules di Medan

PESAWAT JATUH: Kronologi Celakanya  di Medan
PESAWAT JATUH: Kronologi Celakanya Hercules di Medan
Petugas pemadam kebakaran dan personel TNI, berusaha memadamkan badan pesawat Hercules C-130 yang jatuh di tengah pemukiman warga, di Medan, Sumatera Utara, 30 Juni 2015. AP Photo / Gilbert Manullang
TEMPO.CO, Pekanbaru – Komandan Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Kolonel (Pnb) Khairil Lubis mengatakan pesawat C-130 Hercules yang jatuh di Medan, Sumatera Utara, melakukan penerbangan rutin setiap bulannya untuk mengangkut logistik ke berbagai daerah. (Baca pula: TRAGEDI HERCULES: Nasib 10 Prajurit Paskhas Masih Misteri)

Khairil menuturkan pesawat itu semula terbang dari Pangkalan Udara Abdul Rachman Saleh, Malang, kemudian bermalam di Halim Perdanakusuma, Jakarta. Setelah itu, pesawat melanjutkan penerbangan ke Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Kasus Angeline
Kisah Margriet : Motif Harta, Pembunuhan Direncanakan Lama3 Indikasi Angeline Direncanakan Dibunuh, Lalu DitutupiPutri Margriet Kepergok Bawa 3 Koper: Mau Hilangkan Bukti?
Pesawat lalu berangkat menuju Medan pukul 08.00 WIB pada hari ini, 30 Juni 2015, sambil membawa sepuluh personel Pasukan Khas 462/Pulanggeni, Pekanbaru, dalam rangka pergantian prajurit operasi di satuan radar Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.


Nahas, pesawat itu jatuh seusai takeoff dari Pangkalan Udara Suwondo, Medan, menuju Tanjung Pinang. “Saya masih memonitor melalui televisi,” ujar Khairil saat dihubungiTempo, Selasa, 30 Juni 2015. (BacaHERCULES JATUH DI MEDAN: Rute Lengkap Pesawat Nahas TNI AU)
Pesawat C-130 Hercules milik TNI Angkatan Udara jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan Sumatera Utara, hari ini sekitar pukul 12.00 WIB. Pesawat menimpa sebuah hotel dan bangunan sekitar. Saat ini proses evakuasi masih berlanjut.

Sepuluh personel Paskhas 462/Pulanggeni, Pekanbaru, jadi korban dalam rombongan pesawat tersebut milik TNI Angkatan Udara yang jatuh. (Baca: TRAGEDI HERCULES: Ini 11 Prajurit TNI AU Penumpang Pesawat)

Komandan Batalion Paskhas 462 Pulanggeni Letkol Pasukan (Psk) Solihin membenarkan sepuluh personelnya turut menjadi korban dalam peristiwa tersebut. Namun tidak banyak informasi diperoleh dari Solihin. “Benar, ada sepuluh prajurit kami. Maaf, nanti saja teleponnya. Saya sedang menenangkan keluarga prajurit,” tutur Solihin. (Baca: HERCULES JATUH: 5 Orang Dipastikan Tewas)

Berikut ini nama-nama sepuluh personel Paskhas yang menjadi korban:
1. Sertu Irianto Sili
2. Serda Sugianto
3. Koda Mujiman
4. Kopda Sarianto
5. Kopda Dani
6. Kopda Iriageng
7. Pratu Sepri Doni
8. Pratu Warsianto
9. Pratu Rudi Hariono
10. Pratu Hardianto Wibowo

RIYAN NOFITRA

Berita Terpopuler
RESHUFFLE KABINET: Jokowi Geram, Menteri Ini Terancam DigusurRESHUFFLE KABINET: Inikah Daftar Menteri yang Akan Dicopot?Dituding Hina Jokowi, Ini Jawaban Menteri Rini