Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Berkualitas dan Benar



Sobat Ruang Mahasiswa, artikel kali ini yaitu tentang bagaimana untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar. Ya tentu saja, surat lamaran kerja merupakan aspek yang cukup penting dalam melamar suatu pekerjaan.
Nah, buat sobat mahasiswa yang baru saja menyelesaikan studinya, ini saatnya untuk terjun ke dunia sesungguhnya yaitu dunia pekerjaan. Ada baiknya pelajari terlebih dahulu bagaimana membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Sebuah surat lamaran kerja tentu akan menentukan langkah selanjutnya dari hal melamar pekerjaan Anda. Bayangkan saja jika surat lamaran kerja yang anda buat tidak rapi, kalimatnya bertele – tele dan kurang meyakinkan, kemungkinan pihak HRD perusahaan akan langsung menelewati surat lamaran kerja anda tanpa membaca apalagi mempertimbangkan lamaran anda.
Hal seperti inilah yang harus dihindari, memang terlihat sepele tetapi bisa berakibat fatal, bukan?
Struktur penulisan Surat Lamaran Kerja
Inti dari sebuah surat lamaran kerja terbagi atas 3 bagian, yaitu:
  • Bagian pembuka
  • Bagian isi/uraian
  • Bagian penutup
1. Bagian Pembuka
Pada bagian ini terdiri atas sumber informasi lowongan pekerjaan yang diperoleh si pelamar serta bagian lowongan kerja yang ingin ditempati si pelamar.
2. Isi
Di bagian ini dijelaskan bahwa si pelamar kerja sudah memenuhi persyaratan yang diinginkan perusahaan, selain itu informasi biodata seperti usia, tempat tinggal, serta keterampilan juga di jelaskan di bagian isi.
3. Penutup
Bagian ini berisi harapan si pelamar kerja tentang proses selanjutnya dengan disertai ucapan terimakasih.
melamar-kerja
Tips menulis Surat Lamaran Kerja
Cara menulis surat lamaran kerja juga perlu diperhatikan, baik dari format, jenis huruf, ukuran huruf, tata penggunaan bahasa dan aspek lainnya. Maka perlu memperhatikan tips seperti di bawah ini:
1. Gunakan bahasa yang baik dan benar
Susun kalimat – kalimat dan tata bahasa yang baik dan benar. Gunakan bahasa baku dan formal.
2. Tulislah dengan kalimat yang sopan

Gunakan kalimat yang sopan dan jangan pernah menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri
3. Siapkan dan lengkapi syarat – syarat dari perusahaan
Surat dan syarat – syarat yang dibutuhkan perusahaan haruslah lengkap
4. Lampirkan sertifikat pendukung lainnya
Jika ada sertifikat pendukung boleh dilampirkan untuk menambahkan kelayakan lamaran Anda, sehingga menambah keyakinan pihak HRD untuk mempertimbangkan lamaran kerja Anda.
5. Tambahan: Menulis manual dengan rapi
Hingga saat ini masih banyak perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis dengan manual menggunakan pena, karena akan mudah menilai kepribadian seseorang dari tulisan tangan sendiri. Upayakan rapi, tidak kotor dan bebas dari coretan.

Contoh Surat Lamaran Kerja
Medan, 02 Desember 2016
Kepada Yth.
HRD Manager PT. Creatcode
Jl. Kenanga Raya No. 11, Medan
Periahal: Lamaran Pekerjaan
Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari website Ruang Mahasiswa, perusahaan Bapak/Ibu membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi. Melalui surat lamaran kerja ini, saya ingin mengajukan diri untuk melamar kerja ke instansi yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Web Developer di perusahaan PT. Creatcode.
Berikut ini adalah biodata singkat saya:
Nama : Andi Rahardjo
Tempat/tanggal lahir : Bogor, 14 Juni 1994
Pendidikan Terakhir : S1 Ilmu Komputer
Alamat : Jl. Cempaka No. 41B, Medan
Telepon : 0823 5519 5031
Saat ini saya dalam keadaan sehat, baik jasmani dan rohani. Saya telah memiliki pengalaman bekerja sebagai Web Developer selama 2 tahun. Kemampuan berbahasa Inggris saya juga sudah fasih. Kejujuran merupakan hal yang saya utamakan dalam bekerja.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data antara lain:
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto Copy Ijazah S1
  • Foto Copy Transkip Nilai
  • Foto Copy Sertifikat MTA dari Microsoft
  • Foto Copy Sertifikat Kursus dan Pelatihan
  • Pas Foto 3 x 4 terbaru
Kesempatan wawancara dari Bapak/Ibu sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih detail mengenai potensi dan kemampuan saya yang bisa berguna untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini.
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar – benarnya dan sejujur – jujurnya. Atas perhatiannnya saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya,
Andi Rahardjo
Demikian cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, semoga dapat membantu teman – teman yang ingin melamar pekerjaan.